Senin, 28 Mei 2012

FINAL WAWASAN IPTEKS 2012 TIPE F


Nama              : GRACE CHRISTINE
NIM                 : H41111324
FAK                  : MIPA
JURUSAN        : BIOLOGI
MK                  : WAWASAN IPTEKS
Final Essai
1.      Penelitian tentang dihasilkannya kambing Doli hasil cloning gen melalui rekaya genetic, ditemukannya bangunan pyramid, dan lahirnya cerita adat “ I Mallombassi Daeng Mattawang “, merupakan hasil karya olah akal manusia, jelaskan masing-masing hal tersebut berdasarkan konsep IPTEKS dan apa dampak positif dan negatifnya bagi kehidupan manusia?
  Jawab :
Kesemua hal tersebut merupakan manfaat yang telah diperoleh oleh  manusia akibat adanya proses hasil karya manusia yang berasal daripenggunaan akal. Manfaat tersebut telah berhasil dirasakan olehmanusia hingga sekarang, namun seiring berkembangnya jaman,sedikit demi sedikit manfaat tersebut terkikis. Adapun dampak positif dari hasil karya tersebut yaitu:
·         Memberikan informasi tentang penggandaan fragmen DNA, sel jasad renik, plasmid atau penggandaan sel/jaringan (hewan,tumbuhan bahkan manusia).
·         Memungkinkan adanya penyedia bahan kimia tertentu danefisiensi pembuatan antigen (senyawa antibiotik).
·         Memberikan kepuasan individu atau kelompok dalampemenuhan kepuasan dalam bentuk fisik.
·         Mengajarkan pelajaran penting yang terkandung pada setiapcerita rakyat dan memberikan sentuhan emosional di setiap cerita.
Adapun dampak negatif dari hasil karya tersebut yaitu:
·         Telah terjadi ketidaksesuaian atau tidak adanyaetika, karena manusia mengambil alih “peran”Sang Pencipta karena dapat “menciptakan”suatu mahluk.
·         Akan menyebabkan terjadi pemborosansumberdaya alam dalam hal pembuatansenyawa antibiotik tersebut karena manusiaakan terus menerus mengolah sumberdayayang ada untuk memenuhi kebutuhan senyawaantibiotik.
·         Memungkinkan terjadinya tindakan kriminalitaskarena dengan skill yang tinggi, manusia akanmampu memanipulasi setiap karya yang ada.
·         Anak-anak akan sering menghayal untuk selalumenjadi tokoh-tokoh yang ada pada cerita-cerita tersebut
2.      Untuk menghindari pengaruh atau dampak negative dari perkembangan IPTEKS, maka ada beberapa kontribusi  masing-masing?
 Jawab :
Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang dalam menghasilkan karya IPTEKS, yaitu:
ü  Jujur
Seseorang dalam menghasilkan karya (ilmuan) wajib melaporkan hasil pengamatannnya secara obyektif dan jujur sehingga bila hasil penelitiannya tersebut diuji kembali oleh orang lain akan memberikan hasil yang sama.
ü  Terbuka
Seorang yang akan menghasilkan sebuah karya pastinya mempunyaipandangan yang luas, terbuka, jauh dari praduga dan menghargaipendapat orang lain, meskipun untuk menerimanya harus melakukanpengujian terlebih dahulu.
ü  Toleran
Seorang yang akan menghasilkan sebuah karya tidak akan merasadirinya paling hebat, dia akan bersedia belajar dari orang lain ataumembandingkan pendapatnya pada orang lain.
ü  Optimis
Seorang yang akan menghasilkan sebuah karya tidak akan mengatakanbahwa terdapat sesuatu yang tidak dapat dikerjakan sebelummemikirkan dan mencoba mengerjakannya terlebih dahulu.
ü  Pemberani
Sifat seorang yang akan menghasilkan sebuah karya akan selalu mencari kebenaran, maka akan berani melawan ketidakbenaran,kepura-puraan yang menghambat kemajuan, meskipun harusmerugikan dirinya sendiri.
ü  Kreatif dan Inovatif
Selalu ingin mendapatkan, menciptakan, memvariasikan sesuatu yangbaru terutama guna mendapatkan nilai tambah bagi dirinya. Setiap saatpola hidupnya selalu dinamis, tidak pasif sehingga berkreasi, berkarya,melakukan inovasi baru dan melahirkan konsep pengetahuan yang barupula.
ü  Bertanggungjawab
Seorang yang akan menghasilkan sebuah karya harus memiliki rasa tanggung jawab, baik secara etik maupun moral. Oleh karena itu, karya yang dihasilkan harus diarahkan agar sejalan dengan fungsinya sebagai seorang khalifah dibumi
3.      Carilah karya ipteks dari internet sesuai disiplin ilmu anda, lalu saudara komentari sesuai wawasan saudara  dan berikan kesimpulan cantumkan alamat website dari internet tempat mengambil camtumkan daftar pustaka lain seperti buku, termaksud dari internet pada lembar terakhir tugas ini. Jumlah halaman bebas ?
 Jawab :
                    Penelitian bioteknologi pertanian mulai digalakkan denganpembentukan Panitia Nasional Bioteknologi di bawah Menteri NegaraRiset dan Teknologi pada tahun 1985.Kegiatan penelitian bioteknologi pertanian ini mulai terasa meningkatdengan dilaksanakannya program Riset Unggulan Terpadu (RUT) yangdikelola oleh Dewan Riset Nasional dan Hibah Bersaing yang dilaksanakan diperguruan tinggi, yang memungkinkan kegiatan penelitian lebih dari satutahun dengan dana yang berkesinambungan.Dengan adanya kerjasama penelitian dan pengembangan sumber daya manusia, bioteknologi pertanian juga telah dilaksanakan di berbagailembaga penelitian dan perguruan tinggi lainnya.Penelitian bioteknologi pertanian telah dikembangkan sejak akhir abad 20. Pada penelitian tanaman dilakukan pada penelitian ketahananhama dan penyakit, pada ternak inseminasi buatan dan transef embrio,sedangkan padaikan ketahanan terhadap penyakit dan memacupertumbuhan. Peraturan perundangan tentang keamanan hayati telah dikeluarkan untuk mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi dimasa.
Sumber Bacaan: Anonim.2011.http://biogen.litbang.deptan.go.id/terbitan/pdf/agrobio_ 6_1_01_07.pdf
4. Jelaskan dengan singkat istilah berikut : ilmu, pengetahuan, teknologi, seni, normative, Apresiasi, sains, humanistic, kecerdasan genetikal, ozon, nanoteknologi, holistic, hipotesis, sensibilitas, hujan asam, resonansi dan rehumansasi.
     Jawab :
·         Ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia.
·         Pengetahuan merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tidak langsung turt memperkaya kehidupan kita.
·         Teknologi merupakan suatu ilmu tentang keterampilan yang pada mulanya yang memiliki keberhimpitan wilayah dengan wilayah seni dan wilayah sains.
·         Seni normatif merupakan seni yang berdasar pada nilai – nilai atau norma yang berlaku .
·         Apresiasi merupakan bagaimana sesuatu itu ditangkap atau menangkap makna atau pesan yang disampaikan oleh sesuatu baik itu berupa karya seni dan lebih jauh lagi adalah menghayati dan mengambil manfaat dari makna yang terserap.
·         Sains humanistic merupakan disiplin ilmu alam yang menjelaskan tentang intraksi manusia terhadap lingkungannya seperti ekosistem, ekologi, metabolisme dan lain-lain
·         Kecerdasan genetikal merupakan kecerdasan yang terjadi akibat adanya sifat menurun dari kedua induknya
·         Ozon merupakan lapisan udara yang terdapat di atmosfer berasal dari oksigen yang mengalami perubahan akibat adanya aliran listrik setelah petir dan guruh silih berganti atau karena pengaruh sinar ultraviolet matahari.
·         Nanoteknologi merupakan teknologi yang memakai prinsip mikro dari penggunaannya tetapi mempunyai peran penting dalam kerja sama systemteknologi.
·         Holistic merupakan berfikir secara umum atau universal
·         Hipotesis merupakan sesuatu yg dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dsb) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan.
·         Sensibilitas merupakan kemampuan untuk menafsirkan rangsangan dr luar atau dr dalam tubuh; kepekaan.
·         Hujan asam merupakan segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.
·         Resonansi merupakan peristiwa turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luar
·         Rehumanisasi merupakan    
5. Diharapkan mahasiswa memiliki propil kepribadian yang bersesuaian dengan sistim Thinking Khas Indonesia serta  diakhir  proses learning mata kuliah wawasan Ipteks akan lahir nilai-nilai pembelajaran baru, sebutkan dan jelaskan hal tersebut?
     Jawab :
                        Mahasiswa yang memiliki propil kepribadian yang bersesuai dengan pola berpikir khas Indonesia yaitu tercantum dalam Sumpah Pemuda, Kebudayaan Nasional dan Wawasan Nusantara, yang mana secara realitas untuk membentuk watak dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.  Proses learning Wawasan Ipteks ini lebih pada  personality, intellectuality, intelligence, adaptability, creativity, wisdom dan fairness. Hal tersebut menjadi interkoneksi atau pengendali dan harmoni dari suatu ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memiliki kearifan dalam berwawasan untuk masa depan, lingkungan, agama dan bangsanya, serta pengembangan sumber daya manusia.
6. Ceriterakan salah satu nilai kearifan local yang menjadi ciri khas daerah asal saudara?
Jawab :
                    Saroan merupakan kearifan local dari Tana Toraja yang mana saroan mempunyai dua fungsi yang menonjol, yaitu dalam lembaga adat dan dalam musyawarah besar. Sebagai lembaga adat, saroan berperan dalam upacara adat. Sedangkan, dalam musyawarah besar pertemuan seluruh saroan yang dihadiri oleh seluruh warga dipakai untuk membicarakan tentang rencana umum jadwal dan tata cara pengelolaan lahan pertanian dan lingkungan. Falsafah “Tongkonan ditimba uaina, direktok kayunna, dikadette’ utanna: dipoada’ adana dipoaluk alukna” melandasi lanscape di daerah ini menjadi unik.
           








DAFTAR PUSTAKA


Kosela, S. 2003. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia.Dirjen Dikti, Depdiknas, Jakarta.


Tim Dosen Wawasan Ipteks Unhas, 2010, Wawasan Ipteks UPT MKUUnhas, Edisi 3, Unhas, Makassar.

1 komentar:

FAJAR INDRAWAN mengatakan...

THANKS ATAS JAWABANNYA.... SANGAT MEMBANTU KHUSUSNYA BUAT SAYA SEBAGAI MAHASISWA 2013 DALAM MENGERJAKAN SOAL FINAL...

Posting Komentar